Mengenal Fakta Batu Zamrud

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Posted by Unknown Senin, 15 Juli 2013 2 komentar
Mengenal Fakta Batu Zamrud
Mengenal Fakta Batu Zamrud | Mengenal Mustika Zamrud | BATU ZAMRUD / EMERALD STONE | Sebelum anda membeli batu permata jamrud, tidak ada salahnya anda mengenal Ciri Ciri Zamrud yang Asli.
Nama Zamrud diambil dari bahasa Arab dan nama lain batu ini adalah Emerald. Batu ini memiliki karakteristik dingin dan kering. Batu ini tidak berpengaruh oleh segala bentuk pancaran cahaya bahkan sinar matahari dan dapat dikatakan warnanya permanen. Warna Zamrud akan berubah jika melalui proses heating pada 700-800 derajat celsius.

Warna hijau pada Zamrud umumnya tidak merata ke seluruh bagiannya dan muncul dalam garis garis hijau muda atau tua. Mirip seperti Ruby, batu Zamrud juga memiliki banyak inklusi termasuk retakan, gelembung gas dan cairan dalam kristalnya. Namun inklusi pada Zamrud bukan berarti nilai minus batu ini, bahkan inklusi tersebut sangat bermanfaat untuk mengidentifikasi kealamian Zamrud, sama seperti Ruby / Merah Delima.

Zamrud bernilai tinggi berwarna hijau tua, dan meski memiliki banyak inklusi, tetap lebih berharga dari Zamrud yang berwarna hijau muda dengan sedikit inklusi.

Sebagian besar kristal Zamrud memiliki keretakan yang merupakan imbas dari proses kristalisasi bahan-bahan utama batu ini. Oleh karena itu, Zamrud tidak kuat pada tekanan dan mudah pecah.

 Sebelum anda membeli Permata zambrut lebih baik anda mencari informasi, karena bisa saja ada oknum batu yang secara fisik mirip dengan Zamrud dan dijual dengan harga Zamrud.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak beredar Zamrud sintesis dengan kualitas tinggi di pasar dan menimbulkan kesulitan bagi para gemologis. Meletakkan batu Zamrud di bawah sinar UV akan membantu membedakan batu Zamrud natural dan sintesis. Zamrud sintesis bersinar lebih terang di bawah sinar UV dan tampak lebih transparan.

Selain itu, cara mengidentifikasi Zamrud natural adalah dengan memperhatikan inklusi dan retakan pada kristalnya.

Batu Zamrud mahal dan berkualitas tinggi diproduksi di Kolumbia.

Penting Untuk Anda Ketahui Sebelum Membeli sebuah BATU ZAMRUD / EMERALD STONE :
Warna (color): Warna pada zamrud sangat menentukan kualitas pada sebuah zamrud. semakin hijau warna pada sebuah zamrud maka harganya akan semakin mahal. Yang paling penting untuk menentukan kualitas Batu zamrud adalah warnanya. Warna terbaik untuk zamrud adalah intens hijau terang yang tidak terlalu gelap dan tidak terlalu pucat.

Ukuran (size): Semakin besar zamrud, semakin berharga. zamrud Sangat kecil dapat dibeli cukup terjangkau, karena ada material kurang, dan juga karena zamrud kecil kurang langka dari zamrud besar.

Potong (cut): Dalam melakukan pemotongan sebuah batu zamrud lebih baik diserahkan kepada yang lebih profisional, karena potongan sebuah zamrud dapat mempengaruhi nilai dan harga zamrud. Harga dan nilai sebuah zamrud juga ditentukan oleh kualitas potong tersebut. Akan baik dipotong zamrud dan mencerminkan jumlah maksimum cahaya.

Kejelasan (clarity): sebuah batu zamrud memiliki kejernihan yang berbeda. semakin jernih atau jelas dalam sebuah batu zamrud maka nilai dan harganya akan semakin meningkat. bahkan yang paling utama dalam penentuan nilai , kualitas dan harga sebuah zamrud ditentukan pada kejernihannya (clarity). Hampir semua emerald / zamrud alam memiliki jumlah keadaan mendung atau kelemahan internal, yang disebut inklusi. Hal ini dapat diterima untuk zamrud memiliki kurang sempurna kejelasan dan nilai zamrud itu tidak lebih rendah. Namun, ada perbedaan yang signifikan dalam zamrud yang memiliki banyak disertakan, atau sangat berawan sehingga mereka kehilangan transparansi mereka.

Perawatan, Sintetis dan imitasi (Treatments, Synthetics and Imitations): Hampir semua zamrud melalui beberapa jenis perawatan sebelum mereka dibuat menjadi perhiasan. Beberapa pengolahaan ini diterima dan ada yang dianggap curang. Juga karena nilai yang tinggi, zamrud biasanya disintesis di laboratorium. Dan kadang-kadang, seorang penjual tidak jujur, mungkin mencoba untuk menjual batu permata lain sebagai zamrud. batu zamrud sistetis tentu harganya sangat jauh berbeda, karena biasanya batu zamrud yang sintetis terbuatan dari campuran kristal dan kaca.

Ciri Ciri Zamrud yang Asli, hasil surfing dari dunia maya yang aku ambil point pentingnya yaitu :

    Mengenal Fakta Batu Zamrud
  • Dengan melihat pola dari serat atau inklusi yang tampak pada batu Zamrud, bila batunya kecil anda bisa menggunakan alat bantu berupa kaca pembesar (biasa dipakai oleh pakar permata :D ).
  • Berat Jenisnya, berat jenis Zamrud 2.72
  • Refractif Indeks, Refractif Indeks batu Zamrud sekitar 1.577 – 1.583
  • Kekerasan, Kekerasan batu Zamrud 7,5 – 8 skala Mohs
Untuk memastikan batu permata zamrud asli ada metode dasar yg bisa anda gunakan, antara lain :

Penggunaan senter khusus tuk memeriksa batumulia, lalu penggunaan lensa pembesar minimal 10x. Lensa pembesar bisa dibeli dgn harga sekitar Rp 75.000 sd Rp 150.000 (Tergantung Merk dan Masa Waktu zaman ). Sebelum memutuskan untuk membeli Zamrud idaman, jadi caranya yaitu Cahaya senter diarahkan dari bawah dan juga diperiksa dari atas dgn lensa pembesar.

Bila terlihat ada gelembung udara yg bentuknya bundar-bundar seperti bola-bola kecil, maka zamrud Anda jelas tidak asli alias sintetis. Hanya Anda perlu pengetahuan tentang fluid inclusions yg bentuknya bundar juga (membentuk three-phase inclusions yg sangat umum terdapat di zamrud Columbia ) .

Walaupun pemeriksaan di atas sangat dasar , kalau Anda sudah berpengalaman, maka kesimpulan bisa didapat . Hanya, tuk memastikan, beberapa pemeriksaan lain perlu dilakukan seperti kilap, berat jenis, indek refraksi, warna di bawah filter Chelsea, retakan didalamnya, rataan distribusi warna, kadar mineral, dsb.

Untuk berjaga-jaga ada baikanya anda membawa seseorang yg ahli dalam menilai Batu Permata Zamrud Asli, guna menghindari kerugian yg besar, mengingat harga dari Batu Permata Zamrud Asli tergolong mahal.

Sekian ulasan persiapan sebelum membeli batu permata zambrut atau emerald, semoga anda senang. Artikel Aneka Jaya kali ini mengulas tentang Mengenal Fakta Batu Zamrud
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengenal Fakta Batu Zamrud
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://anekajayagresik.blogspot.com/2013/07/mengenal-fakta-batu-zamrud.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

  1. Misi gan ane mau nanya ane punya batu warnanya hijou ada yg blg zambrut kalimantan ada yg blg itu masakan karna terdapat buih di dalamnya..
    Minta penjelasan gan

    BalasHapus

Toko Aneka Jaya Gresik Jual Perhiasan Emas - Support jogelo | Copyright of Toko Perhiasan, Toko Emas, Emas, Kuning, Emas Putih, Emas Murni, Aneka Jaya.
Islam itu Cinta Damai Islam adalah Agama Damai.